oleh

Pengembangan Pelabuhan Tilamuta Mendorong Tumbuhnya Ekonomi Baru

BOALEMO – Harianpost.id- Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah(Bapppeda) Boalemo,melakukan Ekspose Laporan Pendahuluan Land Acquisition And Resettlement Action Plan(Larap) Pengembangan pelabuhan Tilamuta, bertempat di ruangan vicon kantor Bupati, Selasa (21/6).

Dilakukanya pengembangan pelabuhan Tilamuta, kata Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Drs. Hendriwan, M.Si, dapat mendorong tumbuhnya ekonomi baru di kabupaten Boalemo, sehingganya harus dapat dipacu percepatan pembangunannya.

“Pada pengembangan pelabuhan Tilamuta ini, nantinya dapat meningkatkan PAD Boalemo, karena akan menumbuhkan sektor ekonomi baru, olehnya dalam kajian ini agar dapat dilakukan lebih cepat lebih baik untuk pengembangan pelabuhan Tilamuta,” kata Hendriwan.

Menurutnya, dengan kondisi postur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boalemo, yang masih tergantung pada dana transfer pemerintah pusat. Maka harus dapat memaksimalkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“PAD ini adalah kemandirian fiskal daerah, dan jika bapak di ibu melihat daerah ini hebat ya, tapi dari transfer pusat, berarti itu belum mandiri. Karena jika APBN kita goyang begitu juga dengan daerah, tetapi jika PAD kita tinggi, dan APBN kita tidak tercapai targetnya kita tetap bisa membangun daerah,” tutur Penjabup Boalemo, yang juga Direktur Pendapatan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Bapppeda Boalemo, Srijun Dangkua, berharap dengan tumbuhnya ekonomi baru dapat berpengaruh pada pertumbuhan pendapatan masyarakat Boalemo.

“Harapan kami juga akan ada peningkatan domain barang, meskipun ada keterbatasan lahan sehingganya perlu ada ekspansi perluasan pelabuhan dan didukung oleh peningkatan status pelabuhan dari pelabuhan pengumpan menjadi pelabuhan pengumpul,” harap Srijun Dangkua.(Uky)