oleh

Inovasi GERBANG SAKINA, Berhasil Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

HARIANPOST (Kota Gorontalo)- Pemerintah Kabupaten Boalemo mempresentasekan inovasi daerah pada presentase hasil validasi penilaian dan penghargaan inovasi daerah tingkat provinsi Gorontalo tahun 2021 yang dilaksanakan di aula Bapppeda Provinsi Gorontalo, Senin (11/10) Kemarin.

Pada pemaparan tersebut, Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf beserta Kepala Dinas Kesehatan Sutri Lumula mempresentasekan inovasi daerah yang diberi nama “Gerbang Sakina”.

Gerbang sakina adalah salah satu inovasi yang dilahirkan dinas Kesehatan. Inovasi ini kata Anas lahir untuk menyelesaikan permasalahan angka kematian ibu, angka kematian bayi balita.

“Alhamdulillah dengan gerbang sakina(gerakan bersama menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan balita), secara data menunjukan penurunan angka yang cukup signifikan. misalnya angka kematian ibu di tahun 2019 itu ada 10 kasus, begitu ini di terapkan gerbang sakina maka menjadi 3 kasus,”papar Anas.

Terobosan yang telah digagas dan dilaksanakan oleh dinas kesehatan ini kata Anas juga dibantu oleh sektor yang terkait. Sehingga Inovasi tersebut menurut dia berhasil sebagaimana yang menjadi tujuan dihadirkannya inovasi tersebut.

“Allhamdulillah angka-angka statistik menunujukan penurunan secara signifikan. sehingganya kami berharap inovasi ini menjadi hadiah ulang tahun Kabupaten Boalemo yang ke-22,”harapnya. (Fai)

News Feed