oleh

Drainase Tertimbun Jadi Penyebab Banjir, Bupati Saipul Langsung Kerahkan Alat Berat

HARIANPOST (Pohuwato)- Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Pohuwato akhir-akhir ini membuat sejumlah desa di Kecamatan Marisa, terendam banjir.

Pemerintah Kabupaten Pohuwato pun diminta segera mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. Menanggapi hal itu, Bupati Kabupaten Pohuwato Saipul Mbuinga langsung bertindak cepat mencari solusi penanganan banjir.

Siang tadi, Senin (13/9) Bupati Saipul Mbuinga dengan di dampingi sejumlah pimpinan OPD dan Wakil Ketua DPRD Nirwan Due mendatangi langsung rumah warga di Kecamatan Marisa yang masih tergenang banjir, yang dimulai dari dusun 3 desa Botubilotahu.

Bupati bersama pinpinan OPD meninjau jalan-jalan air penyebab meluapnya air kiriman akibat curah hujan yang tinggi pada Sabtu pekan kemarin. Alhasil Bupati mendapati sebagian besar drainase sudah tertimbun, sehingga air tidak bisa mengalir lagi dan menyebabkan sebagian rumah warga terendam.

Dengan gerak cepat,Bupati langsung menggerakkan alat berat untuk menggali drainase yang mengarah ke desa Bulangita.

Kemudian Bupati Saipul Mbuinga menuju ke arah SMKN 1 Marisa untuk melihat pengerukan saluran yang sejak Minggu malam telah dikerjakan.

“Alternatif yang dilakukan untuk mengatasi banjir adalah membuka drainase yang tertimbun serta mengeruk saluran akibat sedimentasi. Saya berharap agar masyarakat tidak menimbun drainase yang ada di depan rumah, karena akan membuat air tidak jalan dan meluap ke rumah warga. Hasil tinjauan ini akan dipetakan dan akan menjadi bahan dalam menangani masalah banjir yang ada di pusat ibu kota kabupaten Pohuwato,”jelas Bupati. (D.01)

News Feed