oleh

Kabar Baik, Kecamatan Ponelo Kepulauan Direncanakan Sebagai Kecamatan Wisata di Gorontalo Utara

GORUT, HARIANPOST.ID- Sudahi polemik yang melibatkan antara Nelayan dan pengelola pulau saronde, Pemerintah Gorontalo Utara ajak masyarakat Kecamatan Ponelo Kepulauan untuk fokus mengembangkan pariwisata daerah agar makin diminati para pelancong.

“Kecamatan Ponelo Kepulaun ini akan dijadikan sebagai Kecamatan wisata. Insha Allah suatu saat ini akan terwujud,” ungkap Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Suleman Lakoro.

Ini disampaikan Suleman saat memberikan sambutan pada pembukaan sosialisasi  Tentang Penggunaan Taman Wisata Pulau Saronde, Senin, 30 Januari 2023, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Ponelo Kepulauan.

Sosialisasi ini dihadiri masyarakat Kecamatan Ponelo Kepulauan, Pengelola Pulau Saronde, Asisten Administrasi Umum (As.3),Kadis Pariwisata, Kadis Satpol PP dan Kebakaran,Kabag Hukum,Kabag Pemerintahan, serta Pemerintah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Dalam sosialisasi ini dirinya juga sempat menyentil persoalan yang melibatkan pengelola Pulau Saronde dan nelayan. Kepada pengelola pulau saronde, Suleman menyinggung ihwal adat Gorontalo dan nilai – nilai moralitas yang mengatur masyarakat Gorontalo dalam hidup bersosial.

“Mungkin kemarin ada kesalahpahaman. Mungkin juga karena bahasa terlalu keras. Oleh karenanya ini harus disesuaikan dengan adat ketimuran kita. Kita orang Gorontalo yang memiliki tatanan adat istihadat,” ungkap Suleman

Dalam sosialisasi ini juga disepakati beberapa hal : Pertama, Pulau saronde jika nelayan dalam keadaan darurat maka pulau saronde bisa menjadi tempat perlindungan. Kedua, Segala kerugian yang dialami oleh nelayan seperti perahu, mesin dan kerugian lainnya, akan diganti oleh pihak perusahaan.(Adv/Najid)