oleh

Spirit Nasionalisme Nani Wartabone Harus Kita Terapkan di Generasi Muda

GORONTALO, HARIANPOST.ID- Upacara singkat sekaligus ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone warnai Peringatan 81 tahun Hari Patriotik 23 Januari 1942.

Prosesi ziarah di awali dengan penghormatan kepada pahlawan Nasional, mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, di Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Senin (23/1/2023) Kemarin.

Upacara tabur bunga tersebut turut diikuti jajaran Forkopimda Gorontalo dan Forkopimda Bone Bolango.

Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang diperingati setiap tahun oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi puncak perjuangan masyarakat Gorontalo dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo.

Di bawah pimpinan Pahlawan Nasional Nani Wartabone, para pemuda dan seluruh masyarakat Gorontalo berhasil mengusir penjajah Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Atas jasa-jasanya tersebut, putra Gorontalo yang lahir pada 30 April 1907 dan wafat pada 3 Januari 1986 itu dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 085/TK/Tahun 2003 tertanggal 6 November 2003.

“Makna dari semua ini adalah, pertama, kita menghormati jasa para pahlawan apalagi pak Nani Wartabone Pahlawan Nasional Gorontalo. Kemudian spirit nasionalisme itu harus kita terapkan digenerasi muda sekarang, supaya bisa membangun Gorontalo kedepan jauh lebih baik,” ucap Hamka usai tabur bunga di makam pahlawan

Semangat kepedulian dan semangat pantang menyerah dari Pahlawan Nasional Nani Wartabone, diharapkan Hamka, bisa terus digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat Gorontalo terlebih generasi muda. Salah satu semangat kepedulian yang perlu didorong adalah semangat gotong royong.

“Dengan kondisi kala itu pak Nani bisa membangkitkan rasa nasionalisme dengan gotong royong, hingga kita bisa merdeka dari penjajahan. Oleh sebab itu kita bisa mengambil spirit yang digaungkan Nani Wartabone ini untuk bahu membahu Gorontalo lebih baik,” tandasnya.(Adv/Kom)