oleh

Bendera Kirab 23 Januari, Sherman Moridu : Napak Tilas Semangat Perjuangan

BOALEMO, HARIANPOST.ID- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boalemo menyambut rombongan pembawa bendera kirab pusaka 23 Januari di rumah Dinas Jabatan Bupati, Sabtu (22/1/23).

Bendera tersebut merupakan bendera pertama yang dikibarkan pada tanggal 23 Januari 1942. Peristiwa perlawanan rakyat Gorontalo yang dipimpin pahlawan nasional Nani Wartabone dalam mengusir penjajah

Terkait hal itu, Sekda Sherman Moridu menyampaikan bahwa pada tahun 1942 masyarakat Gorontalo telah memproklamirkan kemerdekaan dari penjajah.

“Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus Tahun 1945. Tetapi Pahlawan kita Nani Wartabone mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 23 Januari 1942 sebagai kemerdekaan rakyat Gorontalo,” ucap Sherman Moridu.

Pengarakan Bendera kirab sebagai napak tilas semangat perjuangan para pejuang terdahulu dalam memerdekakan rakyat Gorontalo dari belenggu penjajahan.

“Pemerintah Daerah dan Organisasi pemuda bersama-sama hadir mengarak bendera 23 Januari sebagai pertanda sebuah komitmen jati diri kita, bahwa kita Gorontalo diakui Nani Wartabone sebagai pahlawan Nasional,” kata Sherman Moridu.

Meskipun hari ini Nani Wartabone telah tiada. Namun nilai-nilai semangat perjuangan yang dimiliki pejuang Gorontalo harus kita miliki sebagai modal membangun Kabupaten Boalemo.

“Kita harus melanjutkan nilai-nilai patriotik dengan meningkatkan kompetensi kita, mempersiapkan generasi emas dengan memanfaatkan bonus demografi,” pungkas Sherman Moridu.(Adv/Uki)