oleh

Mutu Kualitas Pendidikan Di Gorontalo Perlu Ditingkatkan

GORONTALO, HARIANPOST.ID- Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo menghadiri acara pelaksanaan diseminasi hasil program merdeka belajar tahun 2022, acara yang digelar oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo di buka langsung Kepala BPMP Rudi Syaifullah, berlangsung di Hotel Toewawa Desa Bubeya Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Senin, 21 November 2022.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengatakan ada beberapa tantangan yang dihadapi dan paling besar itu adalah menghadapi kondisi pandemi covid-19 dua tahun belakangan ini. Keadaan itu menjadi faktor yang memberi dampak bagi pelaksanaan program pendidikan di Gorontalo.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Adnan melihat sejauh mana pendidikan di Gorontalo menerapkan program merdeka belajar dari hasil asesmen melalui tiga indikator yaitu karakter, literasi dan numerasi.

“Ini akan menjadi salah satu introspeksi kita khususnya kita yang ada di Gorontalo sejauh mana mutu pendidikan kita berlangsung,” tutur Adnan.

Selanjutnya Adnan menegaskan, perlu ikhtiar bersama dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Gorontalo. Pasalnya, raport pendidikan Gorontalo dalam implementasi merdeka belajar cenderung di bawah.

“Melihat raport ini perlu adanya ikhtiar  sekuat tenaga menghadirkan indikator penilaian asesmen nasional ini akan lebih baik kedepan. Jadi memang ini penting untuk kita laksanakan acara hari ini karena kita bisa melihat di mana posisi kita kondisi mutu pendidikan di Gorontalo,” jelasnya. (sti)