oleh

Bersama OPD Terkait, DPRD Provinsi Gorontalo Bahas Perubahan Raperda RTRW

GORONTALO, HARIANPOST.ID- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Gorontalo, melaksanakan rapat dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Diketahui, rapat tersebut diikuti oleh pihak OPD terkait, mulai dari PUPR, Perikanan, Biro Hukum dan Bapppeda, serta telah memperoleh gambaran penyelesaian Ranperda tentang Perubahan/Revisi atas Peraturan Ranperda No. 4 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Gorontalo tahun 2010 – 2030.

“Rapat ini merupakan tindak lanjut dari hasil rakornas Bapemperda seluruh Indonesia. Yakni, yang menyebutkan percepatan pembahasan Ranperda yang berkaitan dengan RTRW,” ucap Ketua Bapemperda Adnan Entengo, bertempat di Gedung DPRD Provinsi Gorontalo, Senin, (17/10/22).

Adnan Entengo mengatakan, dalam penyelesaian Ranperda RTRW, paling lambat tahun ini, dan awal tahun depan sudah dapat diajukan pada pembahasan tingkat Pansus.

“Supaya ini menjadi produk pada perubahan RTRW yang bersesuaian dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2013, tentang cipta kerja,” kata Adnan Entengo

Ia menuturkan, untuk perikanan sudah keluar pertimbangan substansi dari Kementerian Perikanan tinggal dari PU menunggu pertimbangan substansi.

“Kalau sudah selesai akan diajukan pada pembahasan tingkat Pansus. Ranperda RTRW ini sangat penting, karena juga dibutuhkan oleh kabupaten/kota, untuk menata titik ruang baik, darat maupun laut,” tuturnya.(Adv/Isti)