oleh

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Boalemo Gelar Expo UMKM

BOALEMO, HARIANPOST.ID- Untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Boalemo, pasca pandemi COVID-19. Pemerintah Daerah Boalemo menyelenggarakan Expo Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Untuk diketahui, Expo UMKM tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan hari lahir kabupaten Boalemo ke-23 tahun 2022 yang dipusatkan bertempat di lapangan Alun-alun Tilamuta, terhitung dari Rabu 12 Oktober sampai Jum’at 14 Oktober 2022.

Penjabup Boalemo, menyampaikan bahwa di momentum  peringatan hari jadi ke-23 kabupaten Boalemo, pemerintah daerah mengangkat  tema “23 tahun Boalemo bangkit bersinergi.

“Makna dari kata bangkit bersinergi, yaitu semangat untuk membawa Boalemo ke arah yang lebih maju, dengan merangkul seluruh elemen pemerintah dan masyarakat  untuk bersinergi membangun daerah,” ucap Hendriwan saat meninjau Expo UMKM, Rabu, (12/10/22) Kemarin.

Berangkat dari tema tersebut, Hendriwan mengatakan, bahwa  pemerintah daerah Boalemo menyelenggarakan Expo UMKM di kabupaten Boalemo.

“Salah satu upaya dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif serta masuknya era  globalisasi dan masyarakat ekonomi asean. Maka pengembangan SDM koperasi dan UMKM menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah,” kata Hendriwan

Hendriwan berharap, adanya kegiatan Expo UMKM, pelaku usaha untuk terus mengupgrade diri dengan berbagai terobosan.

“Kemajuan zaman dimana teknologi informasi dan perkembangan tren menjadi  salah satu prioritas yang patut diperhitungkan, seperti strategi marketing digital serta pengemasan produk yang menarik,” harapnya.

Ia meminta pelaku UMKM, sebagai peserta Expo harus mampu menata stand dengan branding tempat menggelar produknya dengan sebaik mungkin. Sehingga mampu menarik pengunjung untuk melihat dan akhirnya melakukan pembelian.

Sementara, Ketua Pelaksana kegiatan Expo UMKM, Srijun Dangkua mengatakan, bertambahnya usia kabupaten Boalemo, pastinya merefleksikan semangat bersama dalam mewujudkan masyarakat Boalemo yang sejahtera dan lebih maju.

“Pameran UMKM merupakan media yang baik bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Karena melalui pameran ini bisa di jadikan media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku UMKM,” kata Kepala Bapppeda Boalemo, Srijun Dangkua.

“Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini. Guna terwujudnya UMKM naik kelas yang cakap digital demi membangun Boalemo lebih maju melalui peningkatan UMKM,” ucapnya.(Adv/Kom)