oleh

Realisasi Pembangunan Fisik dan Penyerapan Anggaran Lampaui Target

GORONTALO, HARIANPOST.ID- Hingga Agustus tahun 2022, realisasi pembangun fisik oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melebihi target yakni 62,53 persen dari target 58,76 persen. Realisasi keuangan yang mencapai angka 58,39 persen dari target sebesar 55,36 persen.

Dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, 27 di antaranya telah melampaui target fisik dan 23 OPD melampaui target keuangan.

Sementara OPD yang mampu mencapai realisasi di atas 80 persen baik fisik dan keuangan yakni Badan Kesbangpol, inspektorat , serta dinas pangan.

“Alhamdulillah saya lihat ini sudah lumayan tinggi realisasi kita. Tapi saya harap OPD yang masih rendah capaian realisasinya agar segera melakukan percepatan pelaksanaan anggaran,” ungkap Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer pada rapat pimpinan dalam rangka evaluasi penyerapan anggaran APBD Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa, 13 September, 2022.

Meskipun serapan anggaran telah melampaui target Hamka tetap menginstruksikan seluruh OPD untuk terus memacu penyerapan anggaran.

Apalagi Mendagri terus mengingatkan pemerintah di daerah untuk mempercepat penyerapan anggaran agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Mumpung ini masih awal September saya mohon kalau ada hal-hal yang sifatnya teknis agar cepat dieksekusi, nanti koordinasikan dengan pak sekda. Misalnya dana PEN, kendalanya di mana, kita sama-sama carikan solusinya,” ujar Hamka.

Ia juga meminta untuk mempercepat proses tender untuk paket pekerjaan tahun 2022. Berdasarkan data Biro Pengadaan Provinsi Gorontalo, dari total 190 paket pekerjaan tahun 2022, 115 paket di antaranya sudah selesai proses seleksi dan tender.