oleh

Cegah Penyakit Radang Paru, PKM Mananggu Kick Off Imunisasi PCV Pada Bayi

BOALEMO- Harianpost.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 58. Puskesmas Mananggu melakukan Kick Off Imunisasi PCV pada bayi tingkat kecamatan Mananggu, kabupaten Boalemo, Senin, (19/9/22).

Untuk diketahui, Kick Off imunisasi PCV pada anak secara gratis, dilaksanakan di desa Pontolo, yang dilaunching langsung oleh camat kecamatan Mananggu, yang juga dihadiri sekretaris dinas kesehatan Boalemo bersama jajarannya.

Kepala Puskesmas Mananggu, Amelia Kadji, SKM., Mengatakan pemberian imunisasi PCV sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit radang paru.

“Kegiatan vaksin PCV atau Pnemococcal Conjugate Vaccine merupakan vaksin untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru Yang dapat menyebabkan kematian pada anak,” kata Amelia Kadji, SKM.

Lanjut Kapus Amelia Kadji, SKM., adanya vaksin PCV yang diberikan pemerintah secara gratis ini, bisa menekan angka kematian bayi akibat pneumonia.

“Dalam masa pandemi ini sangat bermanfaat bagi bayi, karena bayi tidak bisa mendapatkan vaksin covid. Sehingga paru-parunya bisa terjaga,” ucap Amelia Kadji, SKM.

Diharapkan masyarakat di kecamatan Mananggu, dapat segera membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi PCV.

“Orang tua tidak perlu taku dengan imunisasi PCV, Karena imunisasi ini aman bagi anak-anak,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kapus Amelia Kadji, SKM., menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kecamatan Mananggu dan desa Pantolo.

“Terima kasih pak camat dan seluruh jajaran serta pemerintah desa Pontolo yang telah memprakarsai pencanangan imunisasi PCV pada bayi tingkat kecamatan Mananggu,”