oleh

Burung Maleo Jadi Maskot KBPP Tahun 2022

POHUWATO, HARIANPOST.ID- Kemah Besar Pramuka Pohuwato (KBPP) yang dilaksanakan di desa Tahele, Kecamatan Popayato Timur, resmi dimulai. KBPP yang diikuti 13 Kwartir Ranting itu dibuka langsung oleh Majelis Pembimbing Cabang ( Mabicab) Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan di dampingi Wakil Mabicab, Suharsi Igirisa dan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab ) Nasir Giasi. Kamis, 11 Agustus 2022.

Menariknya pada KBPP tahun ini, Kwarcab Pohuwato menjadikan burung Maleo sebagai maskot Kemah Besar Pramuka Pohuwato tahun 2022. Sebagai salah satu satwa yang dilndungi, burung Maleo diharapkan tetap lestari. Karena itu Nasir Giasi mengajak Pramuka Pohuwato untuk turut andil melestarikan satwa yang menjadi icon Kabupaten Pohuwato tersebut.

“Kita harus mengambil peran bersama Pmerintah Daerah untuk melestarikan burung maleo, satwa yang dilindungi dan menjadi icon daerah kita,” ajak Nasir Giasi.

Di sisi lain, pelaksaaan KBPP tahun ini kata Nasir memiliki makna penting untuk membangun semangat Kepramukaan, setelah dua tahun sebelumnya Kwarcab Pohuwato tidak melaksanakan perkemahan karena terhalang pandemi COVID-19.

Tidak kalah penting, KBPP  juga menurut dia menjadi sarana untuk menggairahkan kembali perekonomian masyarakat. Sebab KBPP kata ketua DPD II Golkar Pohuwato itu, dapat memberikan dampak multiplier effect.

Bahkan Nasir sendiri telah menginstruksikan kepada seluruh Ranting Pramuka Pohuwato agar membelanjakan uang untuk kebutuhan selama KBPP, kepada pedagang sekitar lokasi KBPP.

“Saya sudah pesan kepada seluruh pembina pramuka, jangan ada yang membawa beras, telur dan kebutuhan lainnya untuk KBPP. Saya memintakan kepada mereka hanya membawa uang dan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan KBPP itu di pedagang yang ada di sekitar KBPP,” terang Nasir

Ketua DPRD Pohuwato itu juga mengajak Pramuka Pohuwato untuk menjadi generasi yang menjauhi narkotika dan obat – obatan terlarang. Dirinya tidak ingin, generasi muda Pohuwato terjerumus dalam jurang narkotika tersebut. (Jid)