oleh

Merajut Silaturahmi di Malam Penyambutan Peserta Kemah Besar Pramuka Pohuwato

POHUWATO, HARIANPOST.ID-  Pramuka tidak hanya menjadi wadah untuk berekspresi, namun lebih dari itu Pramuka menjadi sarana untuk saling mengedukasi dan mempererat tali silaturahmi di antara sesama. Hal inilah yang ditunjukan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab ) Pramuka Kabupaten Pohuwato Nasir Giasi, pada malam penyambutan peserta Kemah Besar Pramuka Pohuwato (KBPP), yang di pusatkan di desa Tahele, Kecamatan Popayato Timur, Rabu, 10 Agustus 2022.

Tidak hanya menyambut peserta KBPP, Nasir yang juga Ketua DPRD Pohuwato itu turut menyapa sekaligus mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat setempat. Jadi lokasi perkemahan. Desa Tahele bukanlah tempat yang asing bagi Nasir.

Di desa inilah Nasir lahir dan menghabiskan masa kecil bersama keluarganya. Berkemah di Tahele bagi Nasir, sama halnya dengan pulang kampung. Karena itu, saat menyambut peserta KBPP, Nasir terkenang kembali masa kecilnya yang pernah menghabiskan waktu bermain di lapangan Tahele, tempat lokasi KBPP.

Di sisi lain, pelaksaaan KBPP tahun ini kata Nasir memiliki makna penting untuk membangun semangat Kepramukaan, setelah dua tahun sebelumnya Kwarcab Pohuwato tidak melaksanakan perkemahan karena terhalang pandemi COVID-19.

“Organisasi Pramuka adalah organisasi yang konsen terhadap pembinaan generasi muda. Dua tahun dihantam pandemi, pramuka itu juga turut lesu. Beberapa kegiatan di gugus depan ( Gudep ) itu ditunda. Alhamdulillah, kerinduan untuk merumput ( berkemah ) itu terbayarkan dengan KBPP ini,” ungkap Nasir Giasi. Meskipun demikian, Kwarcab Pohuwato masih membatasi jumlah peserta pramuka yang ingin mengikuti BKPP tersebut.

Tidak kalah penting, KBPP  juga menurut dia menjadi sarana untuk menggairahkan kembali perekonomian masyarakat. Sebab KBPP kata ketua DPD II Golkar Pohuwato itu, dapat memberikan dampak multiplier effect.

Bahkan Nasir sendiri telah menginstruksikan kepada seluruh Ranting Pramuka Pohuwato agar membelanjakan uang untuk kebutuhan selama KBPP, kepada pedagang sekitar lokasi KBPP.

“Saya sudah pesan kepada seluruh pembina pramuka, jangan ada yang membawa beras, telur dan kebutuhan lainnya untuk KBPP. Saya memintakan kepada mereka hanya membawa uang dan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan KBPP itu di pedagang yang ada di sekitar KBPP,” terang Nasir

Sementara kepada peserta KBPP, Nasir berpesan agar generasi pramuka Pohuwato selalu menjauhi narkotika, dan selalu memiliki mimpi untuk menjadi pemimpin bagi Kabupaten Pohuwato di masa depan.

Untuk diketahui, pada malam penyambutan peserta KBPP tersebut Nasir Giasi di dampingi anggota DPRD Rizal Pasuma, Jeny Ema Tulung, serta sejumlah Pimpinan OPD Pohuwato. (Jid)